Kamis, 09 Maret 2023

Penyusunan Rencana Strategis Pembangunan Tahun 2024, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Undang Forum Perangkat Daerah

Radar Publik Online 9/3/2023.

PASURUAN- Dalam rangka penyusunan  rencana strategisPembangunan daerah Kabupaten Pasuruan  tahun 2024- 2026 tidak terlepas dari penyusunan rencana strategis perangkat daerah tahun 2024- 2026. pelaksanaan kegiatan forum  Perangkat Daerah tahun 2023 merupakan salah satu tahapan perencanaan  pembangunan dalam rangka meyelaraskan  program dan kegiatan untuk mempertajam indikator  kinerja perangkat daerah yang di susun berdasarkan skala prioritas sesuwai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.kegiatan Forum Perangkat Daerah  ini merupakan wujud komitmen  Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam rangka upaya konstruktif untuk menhasilkan rencana kerja yang aspiratif berkeadilan  serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat, yang akan menjadi dasar bagi penyusunan dokumen  rencana kerja  Pemerintah Kabupaten Pasuruan  tahun 2024 mendatang.

Kepala Dinas perikanan Kabupaten Pasuruan, Alfi Khasah dalam sambutanya mengatakan, pengembangan potensi perikanan tangkap di wilayah pesisir dapat diwujudkan menjadi kawasan kampung Nelayan Maju (kalaju), yang pembangunanya di desa Mlaten dan tanggul kecamatan Nguling.

Pengembangan  perikanan Budidaya air tawar ,kata dia dengan adanya sumber daya yang sangat melimpah contohnya di kecamatan winongan dapat dikembangkan menjadi kampung Perikanan  Budidaya(kampung ikan).

"Sementara itu disektor pengolahan dan pemasaran pada saat ini Pemkab Pasuruan sudah membentuk Cluster kawasan daya saing , yaitu kawasan pemindangan di kecamatan  Ngulung, sedangkan pengeringan ikan dikecamatan Lekok, untuk pengasapan di wilayah kecamatan Beji,"ungkapnya Rabu(8/3/2023).

"Dijelaskan Alfi, sedangakan  pengembangan yang sebagaimana telah diketahui bersama, bahwa potensi  kelauatan dan perikanan  yang di miliki oleh Kabupaten Pasuruan sangat besar, yaitu panjangl pantai 48 km, Budidaya Tambak seluas 4.604,69 Ha,  Tambak garam seluas 244,7 Ha,  Budidaya kolam Air Tawar seluas 55,8 Ha,  serta Budidaya keramba jaring Apung seluas 6,95 Ha.

"Total produksi perikanan mecapai 43.987,78 Ton  pada tahun 2022 atau mengalami peningkatan  sebesar 7,94 persen dari target 7 persen.
Produksi olahan ikan tahun 2022 mencapai 66.352,44  Ton dengan nilai omzet  usaha perikan mencapai 41,4 Miliar ,"jelasnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua komisi 2 DPRD Kabupaten Pasuruan, Asisten Administrasi Umum,Badan Perencanaan pembangunan  dan penelitian pembangunan daerah  Kabupaten Pasuruan, Kepala Dinas Perikanan  Kabupaten Pasuruan,kepala perangkat Daerah  di linkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Camat,Nelayan, pembudidaya ikan, Petambak Garam, HWSI, organisasi kewanitaan, BKNU, serta polair, yang  bertempat di kantor ruang rapat Dinas Perumahan  dan kawasan Pemukiman Raci, Kecamatan Bangil, Kabupatrn Pasuruan.(fan)

Tidak ada komentar:

BERITA RADAR PUBLIK

Box Redaksi Radar Publik

Box Redaksi PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SERTIFIKAT STANDAR : 11052300936180004 Nama Pelaku Usaha       ...