Kamis, 26 September 2019

Babinsa 0816/13 Hadiri Verifikasi desa ODF (Open Defecation Free)

Radar Publik
Sidoarjo – Untuk mewujudkan Desa Jimbaran Kulon menjadi desa/kelurahan yang ODF, Babinsa desa Jimbaran Kulon Koramil 0816/13 Wonoayu Serma Abas Jailani  menghadiri acara Verifikasi desa ODF (Open Defecation Free) dari Dinas Kesehatan Sidoarjo yang bertempat di Balai desa Jimbaran Kulon kecamatan Wonoayu kabupaten Sidoarjo, Kamis (26/09/2019).


Open Defecation Free (ODF) itu sendiri adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas.


Nampak hadir dalam acara tersebut Perwakilan Dinas Kesehatan Sidoarjo, Dr. Ira Puskesmas Wonoayu dan staf, KKS Sidoarjo, Kepala Desa Jimbaran kulon, Ketua RW dan RT, Kader kesehatan desa .


Sebelum adanya Deklarasi ODF, di laksanakan verifikasi ODF oleh tim verifikasi terlebih dahulu. Proses verifikasi ODF merupakan proses untuk memastikan status ODF dalam suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.( Arfn)(red)

Tidak ada komentar:

BERITA RADAR PUBLIK

Box Redaksi Radar Publik

Box Redaksi PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SERTIFIKAT STANDAR : 11052300936180004 Nama Pelaku Usaha       ...