Sabtu, 23 Maret 2019

Turis Asal Jerman Nekat Terobos Petugas Jaga Gunung Bromo dan Banting Petugas


Radar Publik 
Minggu, 24-03-2019 

Ulasan Pojok Pitu 
Probolinggo - Inseden turis asing nekad menerobos batas aman radius 1 kilo meter bromo erupsi di Kabupaten Probolinggo kembali terjadi. Kali ini, 2 turis asing asal Jerman menerobos penjagaan petugas.

Bahkan turis laki-laki tersebut sempat membanting petugas yang menghalaunya. Pasca inseden ini, yang bersangkutan langsung meminta maaf melalui rekaman video.

Dalam rekaman  memperlihatkan turis asal Jerman ini ngotot mau naik, meski petugas menjelaskan bahwa batas aman radius 1 kilo meter.

Tidak mau menjelaskan petugas, yang bersangkutan tetap berjalan memasuki zona terlarang, tepanya dibawah anak tangga menuju kawah.

Awalnya kedua belah adu mulut, namun karena ngotot tidak mengindahkan larangan petugas akhirnya petugas terus mendesak turis asing ini.

Mungkin karena kesal, yang bersangkutan sempat membanting petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hingga terjatuh. Kalah tenaga, akhirnya petugas mengirim pesan singkat ke anggota polisi.

Akhirnya kedua turis laki-laki dan perempuan ini berhasil diamankan tepat di sekitar anak tangga. Selanjutnya melalui rekaman video petugas, keduanya meminta maaf telah melanggar zona berbahaya.     

Menurut Subur Hari Handoyo saat dikonfimasi melalui ponselnya, yang bersangkutan sudah minta maaf atas insiden saling dorong tersebut. pihak TNBTS tidak memberi sangsi pada keduanya.

Sementara pada libur weekend ini, gunung bromo yang tengah erupsi justru ramai di kunjungi wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Di luatan pasir atau kaldera jarak aman 2 kilo meter dari kawah bromo, justru menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto ria. 

Kepala Seksi 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Sarmin mengatakan, pasca terjadinya dua inseden turis asing meneronos zona bahaya, pihaknya akan meningkatkan patroli ke area tangga Bromo.

Secara visual bromo terus menyeburkan asap pekat kelabu pekat mengarah ke timur laut ke tenggara. Gempa tremor menerus menunjukkan amplitudo 0,5 sampai 12 milimeter, dominan 2 mili meter. Status waspada level 2 jarak aman 1 kilo meter. (Kresna)

Tidak ada komentar:

BERITA RADAR PUBLIK

Box Redaksi Radar Publik

Box Redaksi PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SERTIFIKAT STANDAR : 11052300936180004 Nama Pelaku Usaha       ...