Senin, 19 Agustus 2013

Polda Jatim Punya Resep Antisipasi Rusuh di Lapas

Radar Publik
Surabaya - Untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan seperti yang terjadi di Lapas kelas II A Labuhan Ruku, Sumatera Utara, Polda Jatim punya resep tersendiri. Lima resep Polda Jatim antisipasi rusuh lapas sebagai berikut.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, orang nomor 1 di lingkungan Polda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono siap berkoordinasi dengan Kakanwil Kemenkumham Jatim.

"Kapolda Jatim kapanpun siap berkoordinasi dengan Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur untuk meminta izin menyambangi lapas-lapas," kata Kombes Pol Awi Setiyono kepada Radar Publik, Selasa (20/8/2013).

Kegiatan sambang lapas, lanjut Awi, juga bakal diikuti oleh para Kasatwil dimana lapas berada. Kedua, upaya lain yang dilakukan Polda Jatim yakni melaksanakan kerjasama pengamanan dengan pihak 22 lapas, 12 rutan dan 1 anak cabang rutan yang tersebar di Jawa Timur.

"Dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) apabila ada kerusuhan," tambah Awi.

Kemudian yang ketiga, Awi menjelaskan bahwa lingkungan lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) akan menjadi strong point patroli polisi. Strategi keempat, polisi sanggup melaksanakan latihan bersama demi kepentingan pengamanan lapas dengan instansi-instansi terkait.

"Yang kelima, kami siap menambah pengamanan lapas apabila dibutuhkan," pungkas Awi.

Untuk diketahui, kerusuhan dan kebakaran hebat terjadi di LP Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara pada Minggu (18/8/2013) sore. Kerusuhan ini dipicu karena para napi protes tak dapat remisi. Akibatnya, puluhan napi berhasil kabur. (Gus Nyoto)

Tidak ada komentar:

BERITA RADAR PUBLIK

Box Redaksi Radar Publik

Box Redaksi PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SERTIFIKAT STANDAR : 11052300936180004 Nama Pelaku Usaha       ...