Selasa, 27 November 2018

Masih Ada 28 Ribu Warga Ponorogo BAB Sembarangan

Radar Publik
Ponorogo - Ribuan warga di Kabupaten Ponorogo hingga kini masih buang air besar sembarangan. Sebab masih kurang sadarnya warga Ponorogo dalam hal membangun jamban.

Setelah mendeklarasikan Open Defecation Free  ( ODF) atau bebas buang air besar sembarangan di Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo, Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo mengatakan masih banyak masyarakat yang membuar air besar secara sembarangan.  "Tahun 2018 ini ada 28 ribu warga yang tersebar di kabupaten ponorogo masih buang air besar sembarangan," kata Rahayu.

Dari total 307 desa yang sudah ODF  atau bebas buang air besar sembarangan, masih tersisa sekitar 157 desa. Sedangkan sisanya yakni 150 desa sejauh ini belum ODF, namun sudah sadar dan mau menuju ODF.

Pihak Pemerintah Kabupaten Ponorogo juga akan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk tidak melakukan buang air besar sembarangan. Mengingat kotoran manusia juga merupakan salah satu virus yang menyebabkan penyakit.

"Pemerintah akan bekerja sama dengan TNI, Polri untuk melakukan percepatan ODF dan pembangunan jamban bagi masyarakat yang kurang mampu," tambah Rahayu. (Kresna)

Tidak ada komentar:

BERITA RADAR PUBLIK

Box Redaksi Radar Publik

Box Redaksi PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SERTIFIKAT STANDAR : 11052300936180004 Nama Pelaku Usaha       ...