Selasa, 20 Oktober 2015

Kominfo Minta Humas Pemerintah Aktif Mencari Informasi

Radar Publik
SURABAYA -  Dinas Kominfo Jawa Timur mengadakan seminar "Kemitraan Pers dan Pemerintah dalam Pengelolaan Komunikasi Publik" Rabu (20/10/2015), di Gedung Kominfo Jalan A Yani Propinsi Jawa Timur .

Seminar ini diikuti puluhan awak media beserta humas dari kantor pemerintahan di Jawa Timur. Ceramah tersebut disampaikan oleh DR. Subagio, MS (Tenaga Ahli Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia) dan Drs. Akhmad Munir, M.Si (Ketua PWI Jawa Timur).

Dalam sesi ceramahnya, Subagio menghimbau kepada para ketua organisasi pemerintahan dan humas yang hadir, agar memperbaiki manajemen dalam pekerjaannya.

"Peranan humas harus tahu dan aktif mencari informasi yang ada di pemerintahan. Jangan duduk diam saja. Cari data, agar saat ditanyai wartawan, humas mampu menjawab dengan baik," ujar Subagio.
Menurutnya, sangat disayangkan bila sampai hari ini humas-humas kurang berfungsi maksimal, sehingga mengakibatkan citra pemerintah yang buruk.

Subagio juga menyambung, para humas dan awak media harus saling memahami kepentingan masing-masing. "Pemerintah membutuhkan publikasi akan penyebaran informasi, sedangkan media massa membutuhkan informasi yang lengkap untuk diberitakan. Oleh karenanya, mari kita sama-sama saling memahami dan mengerti kepentingan," kata Subagio.

Selain itu, ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir juga menghimbau kepada para humas, agar melayani para wartawan dengan baik. "Bapak ibu humas, kalau ada wartawan datang, jangan takut. Jawablah pertanyaan-pertanyaan mereka sesuai dengan pertanyaannya. Para wartawan juga diharapkan puas setelah mendengar informasi dari humas," kata Akhmad Munir.

Akhmad Munir juga menghimbau kepada para awak media, agar melakukan peliputan dengan benar dan berimbang. "Satu-satunya cara kita agar mampu memberikan informasi yang berimbang, yaitu dengan cara mempertahankan idealisme jurnalistik yang dimiliki," ujar Akhmad Munir. (Nyoto)

Tidak ada komentar:

BERITA RADAR PUBLIK

Box Redaksi Radar Publik

Box Redaksi PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SERTIFIKAT STANDAR : 11052300936180004 Nama Pelaku Usaha       ...