Jumat, 19 Juli 2019

Kegiatan Wasbang di hadiri oleh Kasek SMAN 1 Gedangan Bpk.Panoyo Spd beserta Dewan Guru

Radar Publik
Sidoarjo - hari Kamis tgl 18 Jui 2019 pukul 06.44 sd 10.45 wib Serma Agung P.Hartono bersama 1 orang Anggota melaksanakan Kegiatan Wasbang terhadap 415 orang Siswa/Siswi SMAN l Gedangan Sidoarjo dengan materi Wawasan Kebangsaan,Anti Radikalisme dan Mitigasi Bencana.

Kegiatan Wasbang di hadiri oleh Kasek SMAN 1 Gedangan Bpk.Panoyo Spd beserta Dewan Guru,  Babinsa Koramil 0816/17 Gedangan ( Koptu Ator Sarjono ) dan Siswa/siswi SMAN 1 Gedangan Sidoarjo Kelas X sebanyak 415 orang siswa/siswi.

   Dalam kegiatan pemberian wasbang terhadap 415 orang siswa/siswi SMAN 1 Gedangan yang sedang mengikuti MPLS tersebut Serma Agung P.Hartono sebagai pemateri menyampaikan mengenai pentingnya Wawasan Kebangsaan yang didalamnya meliputi Unsur-Unsur Kebangsaan yaitu Rasa Kebangsaan, Faham Kebangsaan sampai dengan Semangat kebangsaan dengan harapan dalam diri dan Jiwa para siswa sebagai generasi muda akan tumbuh perasaan Cinta tanah air,patriotisme dan rasa nasionalisme serta Pemahaman yang Sama terhadap Bangsa dan Negara yang di Proklamirkan  kemerdekaan oleh sang proklamator Ir.Soekarno dan Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 terutama sama dalam hal Pemahaman terhadap Sejarah Lahirnya Bangsa Indonesia  dan juga bagaimana mewujudkan masa depan bangsa yang adil dan makmur maju dan bermartabat,mempunyai
Jati diri selain itu juga disampaikan mengenai bahayanya paham Radikalisme yang akhir akhir ini marak terjadi di Indonesia.Ciri dan bentuk Radikalisme serta penanggulangan nya.Di sampaikan juga pengetahuan mengenai Mitigasi Bencana mulai dari jenis jenis bencana meliputi Bencana yang disebabkan oleh Alam,  Non Alam dan oleh Manusia termasuk juga mengenai tanda-tanda akan terjadinya bencana, cara dan langkah yang di ambil untuk mengatasinya.

A. Langkah apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri  ketika terjadi Bencana baik itu bencana banjir, puting beliung, saat gunung meletus, maupun saat terjadi Gempa tektonik dan Vulkanik serta tsunami guna  menghindari  timbulnya korban jiwa dan barang berharga.
Sebab negara Indonesia secara geografis banyak gunung2 aktif yg rentan meletus kapan saja.

B. Barang yang berharga lainnya juga bisa terselamatkan sebagai akibat dari bencana alam yang ada asalkan masing masing Individu sejak dini belajar untuk mengetahui tentang bencana alam dan cara penanggulangannya apabila sdh terjdi.Sebenarnya kearifan lokal tentang antisipasi bencana alam seperti gempa dan tsunami sdh pernah di contohkan oleh masyarakat Seumeulue Aceh Barat yang pada saat kejadian tsunami 2004 silam mereka bisa selamat semuanya.

   Dalam kegiatan Pemberian Wasbang tersebut siswa/siswi sangat antusias merasa puas dalam menyimak seluruh rangkaian materi yang disampaikan oleh Serma Agung P.Hartono selaku nara sumber.

    Selama pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan aman. (Kresna)

Tidak ada komentar:

BERITA RADAR PUBLIK

Box Redaksi Radar Publik

Box Redaksi PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SERTIFIKAT STANDAR : 11052300936180004 Nama Pelaku Usaha       ...