Jumat, 28 April 2017

Antisipasi kriminalitas, polwan blusukan ke pasar

Radar Publik
KUDUS - Jumat, 28 April 2017

Jelang puasa dan lebaran, angka kriminalitas mengalami peningkatan. Salah satu tempat yang menjadi sasaran yakni pusat-pusat keramaian, perbelanjaan maupun pasar. Untuk itu sebagai langkah antisipasi polisi wanita (Polwan) Polres Kudus lakukan sosialisasi ke pasar-pasar maupun mal.

Kasium Polsek Gebog, Kudus, Aiptu Suwarni kepada Kontributor Elshinta, Sutini, Jumat (28/4) mengatakan, kegiatan patroli ke Pasar Kliwon, Kudus yang merupakan pasar konveksi terbesar di Pantura Timur dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada para pedagang yang rata-rata kaum perempuan. Karena aksi kejahatan rawan terjadi di pusat keramaian seperti pasar, terlebih ada ribuan pedagang maupun pembeli setiap harinya.

Aiptu Suwarni mengimbau kepada para pedagang serta pengunjung di pasar untuk waspada terhadap pelaku-pelaku kejahatan, sebab jelang puasa dan lebaran terjadi peningkatan baik aksi pencopetan, hipnotis, uang palsu maupun kriminal lainnya.

"Kami minta para pedagang maupun pengunjung waspada terhadap pelaku kejahatan dengan modus-modus tertentu, jangan mudah percaya dan jangan mengenakan perhiasan yang mencolok," ungkapnya.

Kapolres Kudus, AKBP Agusman Gurning mengatakan, kegiatan patroli dialogis yang dilakukan oleh para polwan dinilai lebih efektif, karena dapat membaur dengan masyarakat. Disamping lebih mendekatkan antara Polri dan masyarakat, juga sebagai upaya preemtif dalam penanggulangan tindak kejahatan.

Kapolres menambahkan, jelang puasa dan lebaran seperti ini, aksi kejahatan meningkat sehingga pihaknya lebih menggiatkan patroli baik melalui para polwan, patroli sepeda, maupun patroli antar Polsek.

“Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, sehingga dalam melakukan aktivitasnya dapat berjalan dengan lancar dan kondusif,” imbuhnya

Sementara itu salah satu pedagang, Rodhiyah mengaku senang adanya polwan yang "blusukan" ke pasar bertemu dengan para pedagang dan pengunjung. Sehingga para pedagang merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas di pasar. (Nyoto)

Tidak ada komentar:

BERITA RADAR PUBLIK

Box Redaksi Radar Publik

Box Redaksi PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SERTIFIKAT STANDAR : 11052300936180004 Nama Pelaku Usaha       ...